CARA BELAJAR YANG BAIK DAN EFEKTIF

Cara belajar yang baik dan efektif ~ Setiap siswa tentunya ingin memiliki prestasi yang baik dan membanggakan di sekolahnya, yang bisa memboyong berbagai prestasi demi masa depannya kelak. Dan hal itu tidak serta merta sesuatu yang hanya kebetulan belaka. Harus dilandasi dengan cara belajar yang baik dan efektif, agar bisa menunjang pelajaran yang didapatinya di sekolah. Baik itu pelajaran matematika, bahasa Inggris, bahasa Arab, bahasa Indonesia, dan lain-lain.

Setiap siswa juga berbeda-beda kemampuannya, Tetapi penguasaan pelajaran di sekolah dapatlah dicapai dengan metode belajar yang baik dan benar. Biarpun seorang siswa yang dikategorikan kurang pintar dapat menggunakan cara belajar yang baik dan efektif agar dapat bersaing dengan yang lain. Nah , ada beberapa tips yang bisa Anda coba, silahkan dicicipi aja ya .


cara mudah belajar yang baik dan efektif

Cara Belajar yang Baik di Rumah

1. Katakan Bisa
Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah tidak ada seorang pun yang bodoh di dunia ini, yang ada hanya orang malas berpikir, malas berusaha, enggan mau maju. Dan dengan cara belajar yang baik Anda bisa menguasai pelajaran yang sebelumnya dianggap sulit. Karena itu memulai belajar dari saat ini dan katakan "Saya Bisa", "Saya Akan Mengalahkan Juara Kelas", "Gampang Pelajaran ini".

2. Pagi Hari
Biasakan belajar saat masih pagi hari, karena otak kita masih dalam keadaan segar untuk menerima tetapi jangan lupa sarapan terlebih dahulu. Buka pelajaran yang akan dipelajari nanti, baca-baca sekedarnya saja, jangan dihafal, tetapi dimengerti saja.

3. Rileks dan Nyaman
Posisikan diri Anda pada posisi yang rileks dan nyaman, agar Anda tidak tertidur saat belajar, jauhkan dari suasana berisik yang mungkin Anda tidak menyukainya. Jika memang tidak memungkinkan, maka baca seadanya saja dahulu untuk memulai belajar. Jika musik bisa membantu meningkatkan konsentrasi maka belajarlah didampingi musik, dan ACTION !!!

4. Buat Jadwal
Buatlah jadwal belajar di rumah dengan baik, yang tidak mengganggu aktifitas sehari-hari, misalnya acara televisi favorit, acara olahraga dan lain-lain. Hal ini perlu dilakukan agar Anda juga belajar disiplin memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya sehingga menjadi efektif. Dan jika tiba waktunya untuk belajar tidak memikirkan hal yang lain selain pelajaran yang akan mengganggu konsentrasi.

5. Latihan Soal
Upayakan selalu melakukan latihan menjawab / mengerjakan soal-soal sebagai bahan latihan yang akan membuat daya rekam otak menjadi lebih tajam. Jika terjadi kesulitan, tanyakan kepada yang bisa membantu baik di rumah maupun di sekolah.

6. Ulangi Pelajaran
Saat sore hari atau malam hari, upayakan membuka pelajaran yang dibahas di sekolah, hal ini perlu dilakukan karena sangat efektif untuk menambah daya ingat akan pelajaran yang baru di dapat. Dan jika di sekolah ada bagian yang kurang paham maka Anda bisa berusaha untuk mempelajari / mengingatnya lagi. Dan Anda bisa mengupayakan untuk membuat ringkasan yang akan membantu mempermudah mempelajarinya lagi.

7. Baca pelajaran esok hari
Upayakan pelajari bahasan yang akan dipelajari esok hari di sekolah untuk mempermudah menjawab pertanyaan, atau bahkan bisa berupa bekal untuk mempersiapkan diri kalau-kalau ada ulangan dadakan. Dan jika ada bagian yang kira-kira kurang paham, Anda bisa menanyakannya kepada Guru saat pelajaran sudah dimulai.

8. Jangan belajar berlebihan
Belajar janganlah berlebihan karena tidak akan menambah efektif rekaman otak, apalagi jika sampai larut malam yang tentunya akan membuat waktu istirahat yang terganggu.

Cara Belajar Efektif di Sekolah

1. Jangan malu untuk bertanya
Jika ada hal yang kurang mengerti sebaiknya ditanyakan langsung kepada guru, ingat pepatah "lebih baik malu bertanya daripada sesat dijalan", Lebih baik ditertawakan sekarang daripada ditertawakan mendapat prestasi buruk.

2. Diskusi Kelompok
Sebenarnya saya tidak suka dengan belajar kelompok ini, karena biasanya banyak waktu yang dihabiskan untuk mengobrol. Tetapi saat belajar kelompok ada sisi baik yang bisa dipergunakan dengan benar, ajaklah siswa yang memiliki prestasi lebih baik untuk melakukan pembahasan suatu pelajaran yang kurang dimengerti, Jika ada pertanyaan tentu akan lebih nyaman dan lebih santai untuk bertanya ke sesama teman.

3. Catatan Cepat
Catatlah dengan cepat jika  ada bagian yang penting saat guru sedang menerangkan, tidak perlu bagus-bagus tulisannya. Dan buka kembali saat belajar di rumah, buat ringkasan yang merupakan intisari pelajaran. Yang akan sangat bermanfaat untuk menambah daya ingat. Tetapi jangan dimanfaatkan untuk bahan contekan loh. ^=^

4. Mendengarkan Penjelasan Guru
Saat pelajaran sudah dimulai, upayakan berkonsentrasi penuh mendengarkan penjelasan guru, jangan berdiskusi hal yang lain dengan teman sebangku. Jika ada hal penting, lekaslah mencatat cepat dan bertanya jika ada hal yang kurang dimengerti.

Nah, saya kira itulah beberapa metode / cara belajar yang baik dan efektif, jangan memiliki kebiasaan buruk mencontek ke sebelah atau mengupayakan hal yang bisa dijadikan untuk mencontek. Karena mencontek akan menyebabkan Anda menjadi malas berpikir, sifat yang tidak dimiliki orang yang berprestasi.

Saya kira demikianlah beberapa metode cara belajar yang baik dan efektif, mudah-mudahan dapat memberikan manfaat untuk Anda, salam sukses, salam blogger.